Upaya Reformasi DPR Dimulai dari Sekretariat

Diposkan oleh Benjamin Tukan
Dari Diskusi 31 Juli 2006


Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Rakyat (Setjen DPR), memiliki tugas penting dalam mendukung kerja dari Lembaga Perwakilan Rakyat. Pada tingkat internal Lembaga Perwakilan Rakyat, Setjen DPR berperan sejak dari menyiapkan fasilitas rumah tangga dewan, mempersiapkan rapat-rapat hingga hal-hal yang menyangkut kunjungan kerja wakil rakyat ke konstituen. Pada tingkat eksternal, peran Setjen adalah menjalankan fungsi pelayanan publik terhadap berbagai persoalan yang menyangkut kerja lembaga perwakilan rakyat.

Begitu penting dan strategisnya peran Sekretariat Jendaral seperti disebutkan diatas, dalam implementasinya badan tersebut memang tidak bisa menghindari dari kritikan dan harapan publik seperti halnya ditujukan pada lembaga perwakilan rakyat. Sekalipun tidak dalam konteks fungsi keterwakilan politik dan akuntabilitas yang diletakan pada anggota dewan, secara kelembagaan antara lembaga perwakilan rakyat dan setjen bagaikan dua mata uang yang sulit dipisahkan. Akibatnya, membicarakan kinerja DPR tanpa menghubungkan dengan persoalan yang dialami lembaga pendukung dalam hal ini Setjen akan menuai solusi yang instan. Dengan kata lain, usaha perbaikan pada level kinerja DPR, pada gilirannya harus pula mengusahkan perbaikan pada badan-badan yang mendukung kerja DPR.

Dalam pemantauan Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) terhadap kinerja DPR sebagai upaya peningkatan kinerja DPR, LSPP menemukan bahwa Setjen DPR merupakan sebuah lembaga yang cukup menentukan (kendati bukan satu-satunya) berhasil tidaknya fungsi kerja DPR. Sering dijumpai dalam pemantauan akan kesenjangan pada kebutuhan anggota DPR dengan hal-hal yang dispersiapkan lembaga pendukung dalam hal ini Setjen. Memang, jarak yang ada tidak mesti harus bertitik tolak pada program kerja kesekjenan semata tapi juga soal ketersediaan sumberdaya termasuk anggaran yang dimiliki kesekjenan. Namun hal yang melampaui persoalan semacam itu adalah sejauhmana kerja-kerja Setjen menjawabi kebutuhan yang dimau anggota DPR.

Pada tingkat peran Setjen sebagai lembaga yang mendukung upaya pelayanan publik terutama dalam mesosialisasikan segala peraturan yang berhubungan dengan kerja DPR kepada masyarakat dan kebutuhan akan DPR, kerja-kerja Setjen selama inipun masih perlu diperbaiki. Hal-hal yang dijumpai adalah kurangnya sikap terbuka dari setjen terhadap informasi yang berkembang di DPR. Sekalipun demikian, kinerja Setjenpun selalu dihadapi sikap memaksakan dari para pihak yang membutuhkan pelayanan Setjen. Sosialisasi peran setjen tentu merupakan hal yang paling penting, agar publik tidak kesulitan dalam memenerima pelayanan setjen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar