Kebijakan, Rekrutmen dan Keuangan Partai

Oleh Benjamin Tukan

1. Kebijakan Partai pada Issu

Untuk partai politik issu kebijakan partai merupakan kunci sentral dalam kelembagaan partai politik. Banyak partai politik hanya sekedar papan nama yang hanya muncul sekali dalam kampanye pemilu. Padahal program yang jelas dari partai mengindikasikan bahwa partai politik tersebut menjalankan fungsi sebagai layaknya sebuah partai. Namun , program partai juga harus dilihat pada rencana kerja partai dan juga kenyataan dalam merealisasikan program tersebut.

Sering partai politik dikenal dengan kemampuan menjalankan fungsi komunikasi politik, agregasi kepentingan dan rekrutmen politik. Tapi apakah ini sudah di jalankan oleh partai politik ? Pengumpulan informasi tentang kebijakan partai politik harus pula melihat platform partai, program partai dan janji-janji partai. Pertanyaan untuk itu adalah apakah partai politik melalui kebijakan-kebijakannya sudah mengakomodasi kepentingan anggotanya? Apakah kebijakan itu ada dan direalisasikan ?

2. Mekanisme Rekrutmen Partai Politik

Rekrutmen yang terjadi dalam partai politik mengindikasikan adanya mekanisme yang berjalan dalam lembaga yang namanya partai politik. Rekrutmen partai politik juga termasuk ada tidaknya pengkaderan, dan juga adanya daftar anggota partai. Menilai mekanisme rekrutmen adalah pekerjaan tersendiri namun saling berhubungan dengan proses internal partai. Hal lain yang segera muncul dalam proses penilaian rekrutmen adalah bagaimana menilai pola seleksi dalam partai politik tersebut. Menilai rekrutmen partai juga menilai dan mengkaji pengurus-pengurus partai , siapa –siapa saja yang terlibat dalam kehidupan partai tersebut.

3.Finansial dan Keuangan Partai

Partai politik di tanah air sering direpotkan dengan masalah keuangan partai. Kebanyakan partai tidak memiliki sumber keuangan dari anggota yang diatur secara jelas. Kebanyakan pula dari mereka yang mengharapkan bantuan finansial dari pemerintah atau orang-orang tertentu yang memiliki kepentingan dengan partai. Masalah keuangan partai adalah Bagaimana Manajemen Keuangan , Standart Keuangan dan Mekanisme Audit. Tapi lebih dari itu sumber keuangan partai dan penggunaan keuangaan itu perlu teridentifikasi.

Jakarta, Pebruari 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar