PERHATIAN KEPADA ALAT KELENGKAPAN DPR

Oleh : Benjamin Tukan

(Ditulis untuk kepentingan Diskusi Maret 2006)

Hampir sebagian besar kegiatan di DPR berlangsung Komisi, Bamus, BKSAP, BURT, Badan Legislasi maupun Panitia Khusus (Pansus). Namun demikian, sampai kini belum banyak perhatian masyarakat terjuju pada alat kelengkapan DPR dibandingkan dengan pernyataan-pernyataan politik wakil rakyat dan keputusan Paripurna. Padahal alat kelengkapan DPR ini harusnya dapat menjadi salah satu perhatian masyarakat ketika berbicara tentang kinerja DPR.

Disadari atau tidak, kurangnya publikasi mengenai profil dan kerja alat kelengkapan DPR, merupakan salah satu faktor ketidaktahuan publik. Memang sampai kini ada beberapa terbitan, namun lebih banyak mendasarkan Tatat Tertib DPR. Demikian juga halnya dengan keberadaan website dari beberapa alat kelengkapan DPR , misalnya website Komisi II, web site Pansus dan webite BKSAP, kendati telah membuka ruang bagi masyarakat, namun belum terintegrasi dengan alat kelengkapan lainnya.

Itulah sebabnya kedepan perlu Membuka ruang baru dan pengetahauan bagi masyarakat untuk mengenal secara dekat kerja dari wakil rakyat khususnya kerja di alat kelengkapan DPR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar